-->

6 Manfaat Jambu Biji Buat Kesehatan

Jambu Biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu klutuk kalau saya yang bilang adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.Manfaat jambu biji untuk kesehatan meliputi pengobatan diare, disentri, sembelit, batuk, pilek, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan dan penyakit kudis.

Banyak dari Anda mungkin telah merasakan enaknya makan jambu biji, atau setidaknya telah melihat atau mendengar tentang hal itu. Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia. Buah ini berbentuk seperti buah pir atau bulat, berwarna hijau atau kuning atau merah marun saat masak, dengan daging putih atau merah marun dan banyak biji kecil dalam daging buah yang lembut dan manis. Biasayan jambu biji dimakan mentah (matang atau semi-matang) atau dalam bentuk selai dan jeli.
 
Berikut ini adalah manfaat jambu biji untuk kesehatan:

Diare & disentri: Jambu biji sangat kaya astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar setelah Anda mengunyah daun jambu atau makan jambu mentah) yang melindungi perut dari diare. Astringents bersifat alkali dan memiliki desinfektan serta anti-bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan cara menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra di usus. Nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat sistem pencernaan dan disinfeksi itu. Jambu biji juga bermanfaat dalam gastroenteritis karena alasan tersebut di atas.

Jambu Biji Untuk Mengatasi Sembelit: Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan. Bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Kedua sifat jambu biji membantu membentuk perut, menahan air dan membersihkan usus Anda dan sistem ekskretoris secara menyeluruh.
Jambu Biji Untuk Obat Batuk & Demam: Jus jambu biji mentah atau rebusan daun jambu biji sangat membantu dalam memberikan bantuan batuk dan dingin dengan melonggarkan batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran tenggorokan, pernapasan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba. Jambu biji banyak mengandung vitamin-C dan zat besi yang terbukti ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Di beberapa daerah di India, panggang matang jambu biji digunakan sebagai obat terhadap kasus-kasus ekstrim batuk dan dingin serta hidung mampet.

Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit: Jambu dapat membantu meningkatkan tekstur kulit Anda dan menghindari masalah kulit lebih dari baik dibandingakan krim kecantikan atau toner kulit. Hal ini terutama karena banyaknya astringents dalam buah-buahan (yang belum matang) dan daun. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mengonsumsi buah-buahan (bantuan ini mengencangkan otot kulit) atau dengan mencuci kulit Anda dengan rebusan buah yang belum matang dan daun buah. Hal ini akan mencerahkan dan mengencangkan kulit kendur. Selain astringents, jambu biji sangat-sangat kaya akan vitamin A, B, C dan kalium, anti oksidan yang sangat baik dan pendetoks dan menjaga kulit Anda bercahaya dan bebas dari penuaan, keriput, dan gangguan lainnya.

Jambu Biji Untuk Obat Tekanan darah tinggi: Jambu membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah dari penebalan, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah.

Jambu Biji Untuk Diet atau Menurunkan Berat Badan: Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa kompromi dengan asupan protein, vitamin dan serat. Jambubanyak mengandung serat dan sangat kaya akan vitamin, protein dan mineral, tetapi tanpa kolesterol dan karbohidrat sehingga membuat anda merasa lebih cepat kenyang. Hanya dengan mengkonsumsi jambu berukuran menengah pada waktu makan siang maka Anda tidak akan merasa lapar sampai malam. Namun ironisnya, hal itu membantu kenaikan berat badan pada orang ramping dan tipis. Hal ini mungkin karena kekayaan dalam nutrisi, yang menjaga metabolisme Anda benar membantu penyerapan nutrisi yang tepat.

Manfaat lain: Jambu biji membantu mengendalikan diabetes, Lypocene mengurangi risiko kanker, jus daun jambu untuk obat sakit gigi, gusi bengkak & ulkus oral, menyembuhkan luka bila diterapkan secara eksternal, kejang-kejang, epilepsi, infeksi bakteri dan seterusnya dan sebagainya.
 
Bagaimana sobat ulasan dari manfaat jambu biji dari saya buat yang mau kasih saran silahkan komentar pada kolom yang saya sediakan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "6 Manfaat Jambu Biji Buat Kesehatan"

  1. hemm.. dulu makan buat obat kenyang aja.
    skarang dah tau dah apa aja manfaatnya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel