-->

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

http://rismasalsabila.blogspot.com
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.
Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Sirih atau dalam bahasa latinnya “Piper betle L” , adalah salah satu daun yang paling sering di temukan di Indonesia, dan sudah lama diketahui sebagai tanaman obat untuk berbagai masalah kesehatan.
Tanaman ini bisa tumbuh membentuk sebuah pohon dan tinggi pohon itu bisa mencapai 15m. Batang tanaman sirih berwarna cokelat kehijau – hijauan, bulat, bersegmen, dan memiliki akar yang keluar.

 Daun sirih memiliki bentuk seperti hati, bercatut, melengkung, dan memiliki bau yang harum ketika di pencet.
Ada banyak sekali manfaat dari daun sirih, karena daun sirih mengandung berbagai zat. Ada beberapa zat yang sangat bagus untuk kesehatan dan terdapat pada daun sirih, ketika kita sudah di proses dan diambil minyaknya.

Minyak essensial yang diambil dari daun sirih meliputi betIephenol, sesquiterpene, starch, diatase, sugar and kavikol (memiliki kemampuan untuk membunuh kuman), anti oksidan dan anti jamur.

Manfaat Kesehatan Dari Daun Sirih

  • Mengobati Mimisan
    Ambil 1 helai daun sirih, kemudian gulungkan, dan masukkan ke dalam lubang hidung untuk mencegah mimisan keluar.
  • Mengobati Diare
    Ambil 4 – 5 daun sirih dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa. Campur semua bahan menjadi satu dan haluskan, lalu oleskan pada perut
  • Mencegah Bau Mulut
    Daun ini juga bisa menghilangkan bau mulut, yang disebabkan karena adanya ukuran pada gigi dan oral bakteria. Caranya: cuci daun sirih, kemudian kunyah dan biarkan selama beberapa menit di mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2 – 3 kali sehari. Cara kedua dengan berkumur. Rebus 5 -6 helai daun sirih dengan 2 cangkir air. Dinginkan, dan gunakan untuk mencuci mulut setip pagi dan malam.
  • Mengobati Pembengkakan Pada Gusi
    Ambil 5 – 6 helai daun sirih. Rebus dengan 3 cangkir air. Angkat dan keringkan, tambahkan sedikit garam, lalu gunakan air tersebut dengan berkumur 3 kali sehari.
  • Mengobati Gusi Yang Berdarah
    Manfaat lain dari daun sirih adalah mengobati gusi berdarah. Anda bisa mengambul 10 helai daun sirih. Setelah dicuci bersih, rebuskan dengan 5 cangkir air sampai mendidih. Gunakan air tersebut untuk membersihkan.
  • Menghilangkan Bau Badan
    Ambu 2 -3 daun sirih, kemudian rendamkan dalam 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan gula putih. Biarkan sampai airnya hangat, kemudian minum.
  • Mengatasi Bronkitis
    Daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati bronkitis. Ambil 7 helai daun sirih dan 1 potong gula batu. Iris daun sirih, dan rebuskan dengan gula batu bersama 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas, kemudian saring. Minumlah air tersebut 3 kali sehari, masing – masing 3 sendok makan.
Ada banyak sekali manfaat dari darun sirih, faktanya masih banyak lagi manfaat daun sirih selain yang diatas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel