-->

Penyebab Di Lakukan Operasi Cesar

Operasi cesar adalah satu operasi yang di lakukan tim medis untuk mengeluarkan bayi dalam kandungan seorang ibu hamil secara atau melalui dinding perut atau rahim ibu hamil.Dalam proses ini ibu hamil akan mengalami pembiusan agar mereka tidak merasakan sakit saat proses operasi berlangsung.
http://rismasalsabila.blogspot.com

Operasi dapat di lakukan atas saran dokter karena di anggap sang ibu hamil memiliki kelainan atau bayi dalam kandungan bermasalah.Operasi cesar merupakan operasi yang lumayan cukup besar karena bisa menghabiskan waktu yang agak lama.

Berikut Health and Medical akan memberikan beberapa alasan kenapa operasi cesar bisa di lakukan:


1.Telah didiagnosa sebelumnya.

Penyebab diharuskannya menjalani opersai caesar karena sudah didiagnosa sebelumnya oleh dokter kandungan. Ketidakseimbangan ukuran kepala bayi dan panggul ibu menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, keracunan kehamilan yang parah, letak bayi sungsang, sebagian kasus mulut rahim tertutup plasenta (plasenta previa), bayi kembar, kehamilan pada ibu berusia lanjut, adanya sejarah caesar di kehamilan sebelumnya, sang ibu menderita penyakit tertentu (diabetes, dan lainnya), dan infeksi saluran persalinan (herpes), bisa juga menjadi penyebab diperlukannya operasi caesar.

2.Keputusan menjalani operasi Caesar secara mendadak.

Operasi caesar bisa saja terjadi walaupun sebelumnya Anda telah diprediksi dapat melakukan persalinan normal. Beberapa penyebab diharuskannya Anda menjalani operasi caesar diantaranya, plasenta keluar terlalu dini, persalinan berkepanjangan, bayi belum lahir lebih dari 24 jam sejak ketuban pecah, kontraksi yang terlalu lemah, dan lainnya lagi.

Sebelum diputuskan untuk melakukan operasi caesar, dengan apapun penyebabnya, pihak keluarga inti akan dimintai persetujuan. Dokter akan menjelaskan alasan mengapa operasi ini diperlukan, dan selanjutnya bila pihak keluarga menyetujui akan diwajibkan menandatangi surat persetujuan tertulis.

Jika sang ibu memang diputuskan untuk menjalani operasi caesar sebelumnya, maka di hari persalinan, sang ibu tidak diperbolehkan sarapan pagi. Hal ini untuk mencegah timbulnya muntahan isi perut akibat rasa mual efek samping pembiusan. Untuk masalah pembiusan, sang ibu akan diberikan bius lokal, yang bekerja untuk tubuh bagian bawah sehingga sang ibu sadar dan dapat mendengar tangisan bayi saat dikeluarkan.

Awalnya, luka bekas operasi caesar akan terasa sakit, sehingga jangan ragu untuk meminta obat penahan rasa sakit, kapanpun Anda membutuhkannya. Anda pun akan sulit untuk bergerak, namun untuk mempercepat proses penyembuhan, dianjurkan untuk segera bangkit pasca operasi.

Untuk masalah menyusui, mintalah bantuan suster atau orang lain karena tidak mungkin bagi Anda untuk menggendong sang bayi dengan posisi bertumpu pada perut Anda. Ada banyak cara untuk menyusui bayi, misalnya membaringkannya di samping Anda atau menggendongnya seperti "memegang bola rugby.

Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Di Lakukan Operasi Cesar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel