-->

Manfaat Tanaman Tebu Buat Kesehatan

http://rismasalsabila.blogspot.com
Tanaman tebu merupakan jenis tanaman yang berbentuk batang dan hidup di dalam iklim yang tropis,biasanya tanaman ini hidup dalam habitat yang berkelompok.Selain memiliki rasa yang manis,ternyata tanaman tebu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Tanaman tebu yang bernama ilmiah Saccharum Officanarum L. ini merupakan keluarga graminae atau sejenis dengan suku rumput-rumputan. Bentuk pohon dari tanaman tebu yaitu batang yang berbentuk memanjang keatas, dan terdapat ruas-ruas di batangnya, daunnya terdapat pada setiap ruasnya.Tebu yang tumbuh lebih di 200 negara, India adalah produsen gula terbesar kedua di dunia sedangkan penghasil terbesarnya adalah Brasil. Di negara Karibia tebu dioleh menjadi falernum dan dipergunakan sebagai bahan campuran cocktail.

Tanaman tebu yang dalam bahasa Inggris disebut Sugar Cane ini memiliki kadar gula yang tinggi. Oleh karena itu, tebu terkenal pemanfaatannya sebagai bahan pokok pembuatan gula. Akan tetapi, tanaman tebu memiliki manfaat yang sangat banyak. Baik dari segi kesehatan, segi industri, segi konsumsi rumah tangga, segi transportasi, segi peternakan, dan segi industri rumah tangga.

Manfaat Tanaman Tebu buat Kesehatan 
   1.Kesehatan Gigi
 Di negara India, tebu dikonsumsi untuk kesehatan gusi dan gigi. Cara mengkonsumsinya adalah meminum ekstrak dari sari tebu yang ditambahkan dengan  jeruk nipis dan garam. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan pada gigi dan gusi.
    2. Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi air tebu secara teratur dapat menjaga metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan karena banyak kegiatan yang sudah dilakukan sehingga dapat terhindar dari stroke. Dengan banyaknya kandungan karbohidrat sehingga dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak. 
3.Pencegahan Penyakit 
Air tebu dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sakit tenggorokan dan mencegah sakit Flu karena dapat menjaga metabolisme badan kita. Tebu memiliki sifat alkali  (bersifat reaktif dan termasuk zat pereduksi kuat) sehingga dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat.
  4.Penyembuhan penyakit.
Tebu dapat membantu dalam pengobatan penyakit kuning karena memberikan kekuatan untuk hati yang menjadi lemah selama penyakit kuning. Membantu dalam menjaga aliran air seni dan juga membantu ginjal untuk menjalankan fungsi mereka dengan baik. 
 5.Mencegah Stroke.

 Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat               kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.
  
6.Mengatasi Mimisan.

Potonglah bagian tebu yang paling ujung setelah itu rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.

7.Mengatasi Masuk Angin.

Ambil sekitar tiga helai daun tebu, rebuslah hingga mendidih dan minumlah apabila anda rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

8.Melawan Kanker Payudara.

Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.

9.Baik Untuk Penderita Diabetes.

 Tebu juga sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Air sari tebu bisa menjadi alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Manfaat jus tebu juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.

10.Menyembuhkan Pilek dan.

 Jika ka Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.
Sakit Tenggorokan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Tanaman Tebu Buat Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel