-->

Macam-Macam Penyakit Asma

     Penyakit asma merupakan penyakit yang mungkin bisa di katakan sangat membahayakan,karena terkadang seseorang yang terkena penyakit asma seakan menderita karena penyakitnya.Sebagian dari mereka suka ketergantungan akan sebuah obat karena apabila penyakitnya kambuh mereka harus sedia obat untuk meredakan rasa sakitnya.

     Infeksi pada paru paru (pneumonia), pneumonia ini adalah peradangan (pembengkakan) pada jaringan yang ada pada salah satu atau kedua paru paru Anda yang biasanya diakibatkan oleh infeksi. Terjadi kelumpuhan sebagian atau keseluruhan pada paru paru Anda.

     Kegagalan pernafasan, hal ini terjadi disaat tingkat oksigen dalam darah berkurang pada tingkat yang membahayakan, atau tingkat karbon dioksida yang meningkat pada tahap yang membahayakan. Mengalami status asthmaticus (serangan asma yang parah yang tidak bisa merespon pada perawatan tertentu).

     Asma itu merupakan suatu jenis penyakit pernafasan yang dimana saluran pernafasan pada bagian bronkhial paru ini mengalami penyempitan yang membuat para penderitanya mengalami kesusahan dalam bernafas.

    Pada umumnya penyakit asma ini dapat menyerang atau kumat secara mendadak dan bisa juga diakibatkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya serangan penyakit asma. Kondisi yang dapat terjadi kapan pun seperti ini sudah pasti akan sangat mengganggu dan membuat seseorang mengalami kesusahan untuk melakukan dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Bahkan dalam keadaan yang buruk juga bisa mengakibatkan seseorang kesulitan dan tidak mampu untuk melakukan aktivitas seperti yang biasa ia lakukan dalam kesehariannya.

    Serangan asma parah biasanya terjadi secara perlahan lahan, meski sebagian kecil penderitanya mengalami gejala yang memburuk dengan cepat. Umumnya akan membutuhkan waktu 6-24 jam bagi kondisi asma biasa untuk berkembang menjadi asma parah. Selain sesak dada, sulit bernafas, dan mengi yang kian memburuk tanda-tanda lain serangan asma parah adalah adanya penurunan arus puncak ekspirasi sulit bicara , gelisah, bibir dan kuku yang terlihat biru, denyut nadi meningkat, serta inhaler (obat hirup untuk asma) pereda yang tidak mempan lagi dalam mengatasi gejala.

   Berikut ini beberapa penyebab penyakit asma diantara lain adalah sebagai berikut: 

- Bawaan atau Turunan, penyakit asma merupakan penyakit turunan. Jika riwayat keluarga kita pernah memiliki penyakit asma, maka tidak menutup kemungkinan anda atau anak anda juga akan mengidap penyakit tersebut. Jadi perlu diketahui kalau penyakit asma itu tidak menular melainkan penyakit keturunan.
-  Faktor Lingkungan, lingkungan yang kotor yang dipenuhi dengan debu dan asap merupakan awal dari timbulnya penyakit asma. Debu yang terdapat dirumah maupun ditempat umum lainnya adalah penyebab terjadinya penyakit asma, begitu halnya dengan asap rokok asap kendaraan dan asap-asap lainnya, semua itu merupakan faktor pemicu penyakit asma.
-  Faktor Makanan, makanan juga menyebabkan timbulnya penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asma dan perlu untuk dihindari diantaranya adalah makanan junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, minuman es atau dingin, kacang dan coklat yang mengandung allergen.
-  Udara Dingin, cuaca suhu dingin juga merupakan faktor timbulnya penyakit asma. Penggunaan AC dengan suhu rendah dan cuaca dingin di daerah pegunungan bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma Gejala asma berkisar dari yang ringan sampai parah gejala asma yang memburuk secara signifikan dikenal sebagai serangan asma.

Ada beberapa gejala asma diantaranya: 
1.Batuk-batuk yang biasanya terjadi di malam hari dan di awal pagi hari.
2.Sulit bernafas yang membuat penderitanya mengap-mengap.
3.Dada yang terasa sesak.
4.Mengi, yaitu suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran nafas yang menyempit. 5.Serangan asma yang dipicu oleh paparan alergen atau aktivitas fisik.

    Mungkin Itu sedikit penjelasan tentang penyakit asma semoga dapat mambuat menambah wawasan dan kita selalu berusaha menjaga kesehatan karena kita semua tahu bahwa nilai sebuah kesehatan sangatlah mahal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Penyakit Asma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel