-->

Ciri Ciri Anak Susah Tidur

pada siang hari ketika anak beraktivitas. Pola tidur yang tidak sehat tercermin dari kondisi anak ketika beraktivitas di siang hari. Anak yang susah tidur biasanya memiliki kondisi tubuh yang tidak prima ketika menjalankan aktivitas kesehariannya. Masalah susah tidur pada anak adalah sama pada prinsipnya dengan masalah tidur orang dewasa.

Mengenali Anak Susah Tidur

Mengenali anak susah tidur bisa dapat dengan mudah ditemukan apabila ketika mengamati sekumpulan anak yang beraktivitas bersama. Misalnya anak usia pra sekolah yang berada dalam suatu kelas bermain. Kita akan bisa membedakan anak mana yang memiliki pola tidur yang baik dan mana yang memiliki gangguan tidur.
Adapun beberapa hal yang bisa kita temukan sebagai ciri-ciri anak susah tidur adalah;
  • Anak yang cenderung kurang konsentrasi dan mengantuk selama beraktivitas di siang hari. Perhatikan dalam satu kelas bermain, ada anak yang dengan sehat bermain, tapi ada pula anak yang tampak kurang fokus dalam melakukan aktivitasnya.
  • Anak mudah menangis dan tidak bisa dikendalikan. Kurang tidur akan menyebabkan mood dan metabolisme tubuh seorang anak menjadi berkurang. Karena itu, biasanya anak akan mudah menangis dan emosinya tidak stabil.
  • Penurunan daya ingat dan fungsi kognitif. Metabolisme tubuh yang tidak baik pada akhirnya juga melemahkan daya ingat dan fungsi kognitif seorang anak.
  • Panas. Salah satu dampak dari susah tidur adalah panas tubuh menjadi melebihi batas normal dikarenakan fungsi tubuh terganggu

Cara Menangani Anak Susah Tidur

Apabila pada kondisi tertentu kondisi anak yang susah tidur berkelanjutan, sebaiknya dilakukan upaya penanganan agar gangguan fungsi tidur tidak berdampak pada perkembangan anak. Hal yang paling penting diperhatikan sebelum mengambil tindakan dalam mengatasi permasalah pola tidur anak adalah memahami permasalahan yang menyebabkan terganggunya pola tidur anak.
Secara umum, beberapa cara untuk menangani susah tidur pada anak adalah sebagai berikut;
  • Tetapkan pola tidur secara disiplin : Anak dengan pola tidur teratur memiliki kecenderungan untuk memiliki pola hidup sehat dan tidak memiliki permasalahan dengan gangguan tidur.
  • Berikan aturan pola makan yang ketat : Jangan biasakan anak makan kudapan manis dan bergula di malam hari. Berikan batasan dan aturan ketat dalam asupan anak.
  • Jangan biasakan menggendong anak sebelum tidur. Menidurkan anak hendaknya selalu dilakukan dengan membaringkannya di tempat tidur agar anak terbiasa berdisiplin.
Pola dan cara menangani anak susah tidur ini harus selalu didasarkan pada temuan akan ciri-ciri anak susah tidur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri Ciri Anak Susah Tidur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel