-->

Daun Selada Ternyata Banyak Manfaatnya

Manfaat Daun Selada - Daun selada adalah salah satu sayuran yang sangat rendah kalori. 100 g sayur segar menyediakan hanya 15 kalori. Meskipun demikian, Daun selada menyediakan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Vitamin dalam Daun selada sangat berlimpah.
Daun selada merupakan sumber vitamin A dan beberapa beta karoten. Hanya 100 g daun segar selada mentah-menyediakan 247% dari harian vitamin A, dan 4443 mg beta-karoten (karoten mengkonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, 2 ug karoten dianggap setara dengan 1 IU vitamin A). Senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Vitamin A diperlukan untuk menjaga selaput lendir kulit, dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi buah-buahan dan sayuran alami yang kaya akan flavonoid membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Daun selada adalah sumber yang kaya vitamin K. Vitamin K memiliki peran potensial dalam metabolisme tulang untuk meningkatkan massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam sel-sel tulang. Hal ini juga telah membentuk peran pada pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Daun selada segar mengandung folates dengan jumlah yang banyakh dan vitamin C. folates sangat dibutuhkan untuk sintesis DNA dan karena itu, penting dalam pencegahan cacat tabung saraf pada janin-rahim selama kehamilan. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat, konsumsi secara teratur makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi yang berbahaya, pro-inflamasi radikal bebas.

Zea-xanthin (1730 mg per 100 g), karotenoid  penting dalam daun selada, secara selektif diserap ke dalam lutea makula retina, di mana ia bekerja untuk menyediakan antioksidan dan sebagai filter sinar UV  yang jatuh pada retina. Diet kaya xanthin dan karoten diduga menawarkan beberapa perlindungan terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia-makula (ARMD) pada orang tua.

Daun selada juga mengandung sejumlah mineral yang baik seperti besi, kalsium, magnesium, dan potasium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor untuk co-enzim antioksidan, dismutase superoksida. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

Daun selada kaya B-kompleks kelompok vitamin seperti thiamin, vitamin B-6 (pyridoxine), riboflavins.
Daun Selada - penggunaan selada di salad dikenal untuk mencegah osteoporosis, anemia kekurangan zat besi dan diyakini melindungi dari penyakit kardiovaskular, ARMD, penyakit Alzheimer dan kanker. Manfaat Daun Selada

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daun Selada Ternyata Banyak Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel