-->

Khasiat Singkong

Singkong(Manihot utilissima) adalah sejenis tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae.Tapi di indonesia orang bilang Ketela Pohon atau umbi jalar tapi apapun jenis namanya ternyata singkong banyak memiliki kandungan gizi yang baik buat kita konsumsi.Singkong memiliki hampir dua kali lipat kalori daripada kentang, mungkin tertinggi untuk setiap umbi pati tropis. 100 g akar Singkong menyediakan 160 kalori. Kalori yang terkandung pada Singkong terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula dalam umbi-umbian, terhitung lebih dari 69% dari total gula. Amilosa gula kompleks adalah sumber karbohidrat utama (16-17%). Singkong sangat rendah lemak dan protein daripada sereal dan kacang-kacangan. Meskipun demikian, Singkong memiliki protein lebih dari sumber-sumber makanan tropis seperti ubi, kentang, pisang, dll

Seperti dalam akar dan umbi-umbian lain, Singkong juga bebas dari gluten. Bebas gluten tepung yang digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.
Daun singkong yang muda merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok B-kompleks yang berharga dari vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.

Manfaat Singkong - Singkong adalah sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong memiliki jumlah kalium yang cukup  (271 mg per 100g% atau 6 dari RDA). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Singkong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel